KeTSA: Para Pemenang “National Energy Awards 2020” Diumumkan

KeTSA: Para Pemenang “National Energy Awards 2020” Diumumkan
Para Pemenang "National Energy Awards 2020" (NEA 2020)

PUTRAJAYA, Malaysia, 19 November 2020 /PRNewswire/ — Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam Malaysia (KeTSA) dengan bangga mengumumkan para pemenang National Energy Awards (NEA) 2020. Sebanyak 30 dari 110 peserta NEA terpilih sebagai para pemenang NEA 2020 setelah melalui evaluasi ketat yang melibatkan panelis profesional dan juri berpengalaman. Ajang penghargaan ini terdiri atas tiga kategori: Kategori 1 – Efisiensi Energi, Kategori 2 – Energi Terbarukan, dan Kategori 3 – Penghargaan Khusus (Special Awards).

Para peserta NEA 2020 terdiri atas berbagai organisasi yang telah mengubah aktivitas operasional atau gedung-gedungnya sehingga lebih hemat energi dan/atau sejumlah organisasi yang berhasil menerapkan sistem energi terbarukan guna mengurangi jejak karbon. KeTSA tetap berkomitmen untuk mengapresiasi tekad Malaysia dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. KeTSA juga meyakini bahwa dukungan dari para pelaku industri dalam pengembangan energi terbarukan dan efisiensi energi berperan penting untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Para pemenang Kategori 1 dan 2 akan mewakili Malaysia dalam ajang “ASEAN Energy Awards” (AEA) 2020. Hasil AEA 2020 akan diumumkan dalam ajang “38th ASEAN Ministers on Energy Meeting” (AMEM) pada 19 November.

Pengakuan di tingkat nasional diharapkan mengusung para pelaku industri ke luar negeri, serta mendukung mereka untuk meraih penghargaan internasional yang bertaraf profesional. Para pemenang NEA 2020 berada di posisi ideal untuk menjadi pemimpin industri, tak hanya di Malaysia namun juga seluruh kawasan Asia Tenggara.

YB Dato’ Dr. Shamsul Anuar bin Hj Nasarah, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Malaysia, mengucapkan selamat atas prestasi besar yang dicapai para pemenang dalam pengembangan lanskap energi berkelanjutan di Malaysia.

“Para pemenang telah berupaya dengan baik untuk menggerakkan perkembangan bangsa menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Sebagai bagian dari visi ini, saya berharap, para pemenang dapat membagikan praktik-praktik terbaiknya kepada pihak-pihak lain. Dengan demikian, mereka dapat terus mengembangkan praktik-praktik berkelanjutan, serta terus memperluas manfaat dari pengelolaan energi yang efisien. Berdasarkan pencapaian mereka, saya sangat menginginkan organisasi-organisasi asal Malaysia terus mengharumkan negara kita di ajang ‘ASEAN Energy Awards 2020′,” ujar YB Dato’ Dr. Shamsul Anuar bin Hj Nasarah, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Malaysia.

Tiga Penghargaan Khusus untuk Lembaga Pendidikan Tinggi, Pendanaan Energi Berkelanjutan, serta Energy Performance Contracting (EPC) turut diluncurkan dalam NEA tahun ini. Penghargaan Khusus ini diberikan guna mendorong universitas swasta dan negeri agar menerapkan inisiatif RE dan EE. Selain itu, Penghargaan Khusus juga ingin mengapresiasi dukungan lembaga keuangan dalam pendanaan proyek-proyek RE dan EE, serta mempromosikan Energy Performance Contracting (EPC) di Malaysia.

“Peningkatan jumlah sektor usaha yang berpartisipasi dalam NEA menjadi sinyal positif bahwa semakin banyak pelaku industri yang menjalankan praktik-praktik terbaik seperti yang telah ditunjukkan para juara di bidang energi berkelanjutan di Malaysia. ESCO berperan penting dalam mempromosikan efisiensi energi dalam aktivitas bisnis, dan lembaga keuangan harus menciptakan berbagai produk pendanaan yang lebih bersentuhan dengan pelestarian alam guna menarik lebih banyak investasi RE dan EE,” jelas Shamsul Anuar.

Pada akhirnya, tujuan NEA ialah mendorong berbagai perusahaan dan lembaga di Malaysia untuk mengurangi jejak karbon dengan meminimalkan ketergantungan terhadap listrik yang diproduksi dengan bahan bakar fosil. Inisiatif tersebut mendatangkan manfaat besar, tak hanya masa depan yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Namun, manfaatnya juga bisa meningkatkan PDB melalui sumber-sumber pertumbuhan baru dari penerapan teknologi RE dan praktik EE.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi www.nationalenergyawards.com.my

Tentang NEA

NEA adalah ajang penghargaan tahunan untuk mengapresiasi berbagai pencapaian luar biasa dan praktik terbaik dalam menggerakkan agenda energi berkelanjutan di Malaysia. Ajang tersebut diadakan pertama kali pada 2018 sebagai bagian dari inisiatif Malaysia dalam mempromosikan efisiensi energi dan energi terbarukan di Malaysia.

 

Source : Ministry of Energy and Natural Resources

redaksifm

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *