Kepala Desa Borisallo Ikhlas Bekerja Sesuai Amanah

GOWA  (FM) РSetelah terpilih sebagai Kepala Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kab Gowa, dua tahun yang lalu.

Sofyan saat ditemui di ruang kerjanya terkait program kerja yang akan dijalankan dan dikembangkan mengungkapkan “Khusus Desa Borisallo sesuai yang diamanahkan oleh pemerintah Kab. Gowa, maju sebagai kepala desa atas dorongan masyarakat Borisallo itu sendiri. Dalam program yang saya lakukan yaitu sesuai dengan yang diamanahkan kepada saya selaku kepala desa, baik dari segi pemerintahan, pembangunan, maupun kemasyarakatan. Kita harus memantau dulu apa apa yang harus dibenahi atau diperbaiki. Karena wilayah Desa Borisallo memiliki luas 40,70 Km persegi. Desa Borisallo mempunyai dua dusun, yaitu Dusun Bontojai dan Dusun Pakkolompo. Adapun keduanya dusun tersebut yang saya percayakan untuk bertanggungjawab terhadap wilayahnya masing-masing yakni Paturusi dan Muh. Arif. Kami secara bersama dengan perangkat desa lainnya untuk membenahi seluruh permasalahan warga, sehingga segera dapat teratasi dengan baik”, ungkapnya, Kamis (9/7).

“Dalam menjalankan tugas keseharian kami selalu memegang amanah ikhlas, sehingga dalam mengunjungi 2 dusun yang berada dalam naungan kami selaku kepala desa, selalu memberi jadwal tiap triwulan pada tiap dusun untuk sosialisasi, dan dihadiri oleh ibu PKK ,Majelis Taklim, Tokoh masyarakat. Acara ini dilaksanakan oleh masing masing dusun”, ungkap Sofyan.

“Kegiatan ini di laksanakan agar para kepala dusun mengetahui dan memahami betul apa-apa yang menjadi prioritas utama dalam menjalankan tugas pemerintahan desa. Untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi berbagai kerja dan apa langkah-langkah yang harus dilakukan menyangkut bidang pemerintahan kemasyarakatan dan pembangunan dalam menjalankan tugas pengabdian”, tambahnya.

“Kami selaku kades Borisallo yang terpilih 2 tahun lalu, periode pertama beberapa tahun yang lalu, memang perlu banyak memperhatikan keluhan-keluhan, juga permasalahan di masyarakat. Dan saya harus berusaha keras mewujudkan, terutama agar warga bisa bertani dengan baik, apalagi luas pertanian yang ada di wilayah Borisallo, kurang lebih 100 Ha. Perkebunan lebih 200 Ha, tentu dalam hal ini harus memperbaiki jalan tani dan harus dibuatkan irigasi. Karena meskipun akses jalan sudah baik, tetapi sarana irigasinya tidak ada, maka lahan tersebut tidak menghasilkan panen dengan baik dan melimpah. Tapi Alhamdulillah selama ini sudah 20 persen yang sudah dibenahi, seperti irigasi yang mempunyai 4 titik dan membentuk 5 kelompok tani di antara 2 dusun”, pungkasnya.

Hal lain yang perlu kami perhatikan jalan aspal yang ada di Borisallo. Hal tersebut perlu dilakukan, karena sangat menunjang produktivitas para warga yang berada pada 2 dusun tersebut, dlm wilaya desa Borisallo untuk memaksimalkan pengelolaan lahan yang tidak produktif, fasilitas lain yang perlu diperhatikan seperti renovasi kantor desa, mengawasi kinerja paket proyek yang masuk, yang tujuannya tentu membangun desa, dan saya selaku kepala desa tentu¬† membuat rancangan, bahwa semua masyarakat diundang hadir pada rapat desa untuk mengusulkan apa -apa saja yang menurutnya penting untuk dikerjakan bersama, sehingga semua harapan dan keinginan warga dapat terpenuhi. Apalagi sekarang ini melihat situasi adanya Covid-19, kita selalu berpartisipasi menjaga penyebaran virus, dan kita selalu ada kerja sama Babinsa dengan masyarakat, sering keluar memberi imbauan pada masyarakat untuk berbagai upaya mengurangi atau mencegah penyebaran Covid-19. Namun demikian kami selaku kepala desa dan kepala dusun yang ada di Borisallo, juga selalu memperhatikan adanya kepedulian Covid bagi masyarakat Borisallo yang layak mendapatkan berupa sembako, BLT, BST, PKH, BPNT dan Alhamdulillah adanya kerja sama kami dengan masyarakat Borisallo tidak ada terjangkit Covid. Dari hitungan kk 875, jumkah warga yang mendapatkan BLT 150 orang, BST 57 orang. PKH 221 yang menerima BPNT 117 orang. Adapun tekad saya ingin membawa perubahan kehidupan yang sejahtera di desa Borisallo, agar para warga memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya”, tutupnya. ( Marlia Rurung )

redaksifm

redaksifm