Bagikan BLT Dana Desa Secara Simbolis, Bupati: Hadapi Covid-19 dengan Kebersamaan.

Bagikan BLT Dana Desa Secara Simbolis, Bupati: Hadapi Covid-19 dengan Kebersamaan.

Toraja Utara – Fajarmetronews.com.  Dalam kondisi pandemi Covid-19, semua elemen masyarakat mesti saling mendukung satu sama lainnya, menjaga kekompakan dan meningkatkan jiwa gotong-royong. Bagi masyarakat yang kaya, mari bantu masyarakat yang miskin. Pemkab  Torut berharap tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak terdata, sehingga tidak mendapatkan bantuan Covid-19. Jika ada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan dan mereka adalah orang yang berhak menerimanya, maka masyarakat tersebut diharapkan dapat melapor kepada RT atau pemerintahan setempat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Kabupaten Toraja Utara, DR. Kala’tiku Paembonan MSi, Bupati menghimbau seluruh elemen masyarakat Toraja Utara ikut ambil andil dalam penanganan Covid-19.

“Semoga  Covid-19 cepat berlalu dan Toraja Utara terbebas dari serangan virus yang membahayakan ini,” ungkap bupati saat membagikan BLT Dana Desa di Desa (lembang) Buntu Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu.
seusai mengumumkan bahwa Kabupaten Toraja telah ditetapkan sebagai wilayah yang masih Zero covid-19, selasa (19/05/2020).

Saat menghadapi Covid-19 lanjutnya, mari kita tingkatkan kekompakan dan saling mendukung satu sama lainnya, mari kita tingkatkan jiwa gotong-royong saling membantu antara satu sama yang lainnya. Mari kita hadapi Covid-19 ini secara bersama-sama dan memberikan andil sesuai kapasitasnya masing-masing.

Di Lembang Buntu Tallunglipu Bupati juga mengingatkan, agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan di tengah Covid-19. Jika ada masyarakat yang berhak tidak terdata akibat kesalahan tehnis, maka masyarakat diharapkan melapor kepada Ketua RT atau pemerintahan setempat, harap Kala’tiku.

Bupati juga mengajak agar mematuhi protokoler kesehatan.
“Mari tetap berada di rumah. Jangan keluar rumah jika tidak penting. Jika wajib keluar rumah, mari pakai masker untuk menghindari serangan virus dan membatasi atau memutuskan rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Camat Tallunglipu , Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Lembang Buntu Tallunglipu, Ketua BPL bersama anggota, Para Kepala Dusun, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan penerima Manfaat BLT Dana Desa.

kepala Lembang Buntu Tallunglipu yang di nakhodai Andarias, pada awak media menyampaikan bahwa ada 176 KK yang mendapatkan bantuan Langsung Tunai,
22 KK Yang melalui kantor pos serta 3 KK yang melalui Bank BRI juga ada 46 KK Yang menerima Bantuan Berupa sembako. Tutur Kepala Lembang.

Sementara camat tallunglipu Daud Palalangan, mengatakan kami segera Mengambil langkah cepat dengan melakukan Musyawarah Desa, Khusus dengan mengundang para Kepala Dusun, Ketua BPL bersama jajarannya, para RT, serta masyarakat dengan agenda Validasi dan penetapan nama serta tempat tinggal penerima BLT DD di Lembang Buntu Tallunglipu.

Berdasarkan hasil Musyawarah Desa, menghasilkan kesesuaian sesuai Edaran Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, masyarakat yang terdampak COVID-19 akan mendapatkan BLT DD dengan persyaratan yang Telah ditentukan, yakni penerima BLT Dana Desa adalah masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial yang  dikeluarkan oleh Dinas Sosial dengan mempertimbangkan pada Basis Data Terpadu.

“Penyaluran BLT DD untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 sesuai dengan Musyawarah Desa  dan hasil verifikasi data dari Dinas Sosial penerima BLT sebanyak 176 KK.” Ucap Daud Palalangan.

Selain BLT Dana Desa ada beberapa jenis bantuan lain yang disalurkan ke masyarakat, di Lembang Buntu Tallunglipu, Bebernya.

Lebih lanjut Kepala Kecamatan Tallunglipu mengungkapkan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang diterima oleh masyarakat dalam kaitannya sesuai yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo sebesar Rp. 600.000 dan akan diterima selama 3 bulan periode Bulan April sampai dengan Bulan Juni 2020.

“Harapan kami selaku pemerintah tentang BLT ini dapat membantu,  minimal membantu meringankan beban masyarkat selama mewabahnya Virus corona, Kunci Daud.
(tim liput)

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *