Kepala Desa Tiroallo Salurkan BLT Dana Desa ke 319 Kepala Keluarga.

Kepala Desa Tiroallo Salurkan BLT Dana Desa ke 319 Kepala Keluarga.

Toraja Utara — Fajarmetronews.com.  Lembang (desa) Tiroallo kecamatan sa’dan kabupaten Toraja Utara gelar penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2020 bagi masyarakat terdampak COVID-19, di dua tempat yang berbeda yakni Dusun Pantu Serta Dusun Antolong Minggu (17/05 / 2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Camat Sa’dan Panggau, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Lembang Tiroallo, Ketua BPL bersama anggota, Para Kepala Dusun, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan penerima Manfaat BLT Dana Desa.

Penyaluran BLT DD untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 merupakan bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa.Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi melalui APBDes Tiroallo. Tujuannya
untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Setelah mewabahnya virus pandemi korona di Indonesia sejak awal maret 2020 yang lalu, pemerintah pusat dan daerah melalui Kementerian Desa menginstruksikan kepada para kepala Lembang (desa) seluruh Indonesia untuk segera melakukan perubahan APBDes agar di dalam APBD hanya ada 3 (tiga) jenis program yang ditawarkan oleh Penanggulangan covid -19 , Padat Karya Tunai Desa, dan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

kepala Lembang Tiroallo yang di nakhodai Lukas Patulak, segera melakukan langkah cepat dengan melakukan Musyawarah Desa, Khusus dengan mengundang para Kepala Dusun, Ketua BPL bersama jajarannya, para RT, serta masyarakat dengan agenda Validasi dan penetapan nama serta tempat tinggal penerima BLT DD di Lembang Tiroallo.

Berdasarkan hasil Musyawarah Desa, menghasilkan kesesuaian sesuai Edaran Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, masyarakat yang terdampak COVID-19 akan mendapatkan BLT DD dengan persyaratan yang Telah ditentukan, yakni penerima BLT Dana Desa adalah masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial yang  dikeluarkan oleh Dinas Sosial dengan mempertimbangkan pada Basis Data Terpadu.

“Penyaluran BLT DD untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 sesuai dengan Musyawarah Desa  dan hasil verifikasi data dari Dinas Sosial penerima BLT sebanyak 319 KK.” Ucap Lukas Patulak.

Selain BLT Dana Desa ada beberapa jenis bantuan lain yang disalurkan ke masyarakat, di Lembang Tiroallo, seperti Bantuan Dari BRI 3 KK, Via Kantor Pos 24 KK dan Via Bank mandiri 4 KK,” Bebernya.

Lebih lanjut Kepala Lembang mengungkapkan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang diterima oleh masyarakat dalam kaitannya sesuai yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo sebesar Rp. 600.000 dan akan diterima selama 3 bulan periode Bulan April sampai dengan Bulan Juni 2020.

“Harapan kami selaku pemerintah tentang BLT ini dapat membantu,  minimal membantu meringankan beban masyarkat selama mewabahnya Virus corona yang entah kapan berakhir” ucap Kepala Lembang.

(tim liput )

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *