Platform pembiayaan UKM terkemuka Validus raih pendanaan Seri B+ senilai US$ 20 juta

Platform pembiayaan UKM terkemuka Validus raih pendanaan Seri B+ senilai US$ 20 juta

From top left: Nikhilesh Goel, Co-founder of Validus, James Lee, Managing Director of Vertex Growth Fund, and MX Kuok of K3 Ventures/ Orion Fund

JAKARTA, Indonesia, 12 Mei 2020 /PRNewswire/ FM — Validus, platform pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang terbesar di Singapura, juga hadir di Indonesia (Batumbu) dan Vietnam (Validus Vietnam), berhasil meraih pendanaan Seri B senilai lebih dari US$ 14 juta dengan komitmen permodalan US$ 20 juta. Babak pendanaan ini dipimpin Vertex Growth Fund (Vertex Growth) dan Orion Fund milik Kuok Group yang dikelola K3 Venture Partners.

Kedua pihak bergabung dengan sejumlah Penyedia dana Validus yang ternama, termasuk FMO (bank pembangunan publik-privat asal Belanda), Vertex Ventures Asia Tenggara dan India, Openspace Ventures, AddVentures (Siam Cement Group) asal Thailand, serta VinaCapital Ventures asal Vietnam yang kembali memodali dan mendukung Validus dalam babak pendanaan terbaru ini.

Berdiri pada 2015 dan berkantor pusat di Singapura, Validus menghimpun sejumlah Penyedia dana terakreditasi dan Penyedia dana institusi, serta kalangan UKM. Validus meraih izin CMS dari MAS pada Desember 2017. Sejak itu, Validus telah merambah Vietnam dan Indonesia, serta berhasil menghimpun pendanaan usaha senilai US$ 315 juta—mencetak rekor bagi platform pembiayaan UKM lewat internet di Singapura.

Dengan dana segar ini, Validus akan terus Mengembangkan dana secara besar-besaran dalam teknologi dan inovasi, serta memperkuat posisinya di tiga negara ASEAN yang menjadi wilayah operasionalnya. Validus juga akan mendanai usaha barunya di Thailand pada Triwulan IV-2020.

“Teknologi finansial (tekfin) dengan platform baik dan kepemimpinan tangguh, serta mampu berkembang dan bertahan di tengah situasi yang luar biasa ini, kelak menjadi pemimpin masa depan. Kami mengapresiasi dan mendapat kehormatan atas kepercayaan yang diberikan Penyedia dana,” jelas Nikhilesh Goel, Salah Satu Pendiri Validus. “Kami juga memuji pihak Pemerintah yang telah menjalankan program bantuan UKM sehingga berbagai bisnis mampu bertahan dari kondisi sulit ini. Kami turut mengapresiasi mitra-mitra korporat yang telah menjalin kerja sama erat guna membantu UKM, dan ikut meningkatkan respons mereka terhadap pandemi.”

“Industri tengah berubah sebab permintaan terhadap pembiayaan usaha dan manajemen arus kas UKM berkembang pesat, dan kami yakin, Validus berada di posisi yang tepat untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan UKM. Mereka terus menjalankan pendekatan dengan prinsip kehati-hatian di tengah periode ini,” lanjut James Lee, Managing Director, Vertex Growth.

“Kami sangat terkesan dengan kepemimpinan dan luasnya pengalaman Validus dalam pengelolaan kredit. Tim mereka telah menunjukkan keahlian unik  untuk menghimpun poin-poin data penting. Mereka juga memanfaatkan berbagai fitur machine learning ketika mencari sejumlah UKM potensial namun belum memperoleh layanan perbankan biasa,” kata MX Kuok dari K3 Ventures.

Berdasarkan kajian Economic Impact Report oleh Validus yang dilakukan pada November tahun lalu, lebih dari 300.000 warga Singapura telah memperoleh manfaat dari platform pembiayaan UKM Validus, baik secara langsung atau tidak langsung. Kalangan UKM yang menerima pembiayaan dari platform Validus berhasil meningkatkan omzet tahunannya sebesar 17% pada 2018. Kontribusi PDB dari sejumlah UKM yang didukung Validus naik sebesar 18%, sementara, kontribusi PDB dari para pelaku usaha di Singapura secara umum naik sebesar 5% pada tahun yang sama. Sejumlah UKM yang menerima pembiayaan dari Validus juga meningkatkan tenaga kerjanya sebesar 12%, dibandingkan pertumbuhan tenaga kerja sebesar 1% yang dialami kalangan pelaku usaha di Singapura secara umum.

Demi mengatasi kesenjangan pembiayaan UKM di kawasan, Validus mendirikan unit-unit usahanya di Indonesia, Batumbu, dan di Vietnam, Validus Vietnam, masing-masing terbentuk pada Mei dan November, untuk memperluas pembiayaan usaha di Asia Tenggara.

Tentang Validus

Validus ialah platform pembiayaan UKM yang terbesar di Singapura. Validus menyalurkan pinjaman usaha kepada UKM. Pinjaman tersebut berasal dari pendanaan HNWI dan Penyedia dana institusi. Berdiri pada 2015, Validus telah memberikan lebih dari 15.000 pinjaman dengan nilai total di atas S$ 450 juta untuk berbagai UKM yang tengah berkembang di ASEAN.

Validus beroperasi sebagai teknologi finansial yang meraih penghargaan, serta memanfaatkan analisis data dan kecerdasan buatan (AI) demi meningkatkan pembiayaan usaha bagi kalangan UKM yang belum menerima layanan perbankan. Validus baru-baru ini memenangkan anugerah “Best P2P Lending Platform Singapore” dan “Best Supply Chain Finance Company Singapore” di ajang 2020 Global Banking & Finance Awards®.

Didukung sejumlah modal ventura ternama, Validus juga hadir di Indonesia dan Vietnam, serta bermitra dengan kalangan perusahaan untuk menyalurkan pembiayaan rantai pasokan bagi ekosistem UKM. Validus memperoleh izin Jasa Pasar Modal dari Monetary Authority of Singapore (MAS). Sementara, unit bisnisnya di Indonesia Batumbu telah terdaftar di OJK pada April 2019. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi https://validus.sg

Tentang Vertex Growth Fund

Vertex Growth bertekad untuk menjalin kemitraan dengan para wirausaha unggulan dan perusahaan potensial yang berada di puncak pertumbuhan. Vertex Growth menyalurkan penambahan modal guna mewujudkan visinya untuk menciptakan pemimpin industri yang ulet dan transformatif.

Sebagai bagian dari jaringan global modal ventura Vertex, Vertex Growth dapat memanfaatkan inovasi di seluruh dunia dan memberikan nilai tambah dari ekosistem Vertex yang terdiri atas sejumlah perusahaan portofolionya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Vertex Growth, silahkan mengunjungi https://vertexgrowth.com.

Tentang Orion Fund 

Orion Fund, dikelola K3 Venture Partners, ialah unit bisnis Kuok Group di sektor modal ventura. Mengandalkan pengalaman dan sinergi kolektif Kuok Group, Orion Fund ingin mewujudkan potensi dari teknologi unggulan dan solusi inovatif sebagai mitra kerja yang menghasilkan pertumbuhan lewat kolaborasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang Orion Fund dan K3 Venture Partners, silahkan mengunjungi http://www.k3ventures.com/

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20200508/2798761-1?lang=0

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *