Ruang Berbagi Ilmu Hadir di Jember bersama PGRI

Ruang Berbagi Ilmu Hadir di Jember bersama PGRI

Ruang Berbagi Ilmu atau yang biasa disingkat dengan RuBI, merupakan sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan kualitas guru. Tahun ini, salah satu lokasi kegiatan RuBI adalah Jember, Jawa Timur. Kegiatan tersebut akan dilakukan selama dua hari, yaitu Sabtu hingga Minggu, di tanggal 5 sampai 6 Oktober 2019. Bertempat di gedung PGRI Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Kegiatan ini akan melibatkan 150 peserta, mereka adalah guru dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas yang ada di Jember. RuBI Jember dalam pelaksanaannya melibatkan pihak PGRI dan panitia lokal Jember, serta relawan narasumber dan dokumentator.

Persiapan untuk kegiatan ini telah dilakukan sejak lama. Para relawan baik narasumber maupun dokumentator telah berkumpul, merencanakan kegiatan, hingga melakukan workshop untuk mempersiapkan segala halnya sebelum bertemu dengan para peserta.
Tidak hanya relawan, ada pihak lain yang turut mempersiapkan kegiatan ini, yaitu panitia lokal dan PGRI Jember. Panitia lokal tersebut terdiri dari beberapa guru di Jember, yang diketuai oleh seorang guru SMKN 5 Jember, Wahyu Ekawati atau yang lebih sering disapa Bu Eka dan APKS PGRI Jember yang di motori oleh Syaiful Rahman, S.Pd. Panitia lokal mempersiapkan lokasi hingga proses registrasi peserta RuBI.

Menurut Ketua PGRI Kabupaten Jember Drs. H.Supriyono, SH.MM. mereka menaruh harapan besar terhadap acara ini, karena kegiatan ini sejalan dengan tugas PGRI sebagai organisasi keprofesian untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru di Jember.Kegiatan ini nantinya bisa terus kontinu dilaksanakan sehingga guru-guru di daerah khususnya di kabupaten jember bisa adaptif terhadap perkembangan pembelajaran di abad 21 yang ditandai dengan munculnya dan menjamurya pembelajaran berbasis digital.

Ada hal yang berbeda untuk RuBI Jember dibandingkan dengan lokasi lainnya, seperti Aceh Singkil, Kepulauan Sula, Bali atau Lombok Utara. RuBI Jember akan membawakan materi guru abad 21, materi ini tidak ditemukan di lokasi RuBI yang lainnya tahun ini. Materi ini disampaikan untuk menyiapkan guru-guru menghadapi era digital dan pembelajaran di abad 21.

Secara keseluruhan, ada tiga materi yang disampaikan, yaitu Disiplin Positif, Guru Abad 21, dan Metode Belajar Kreatif. Nantinya, para guru akan dibagi dalam empat kelompok atau kelas berdasarkan jenjangnya, yaitu SD kelas rendah, SD kelas tinggi, SMP, dan SMA atau SMK.
Materi Disiplin Positif disampaikan dengan tujuan membentuk karakter jangka panjang para peserta didik. Harapannya, anak dapat mengontrol diri dan emosi, serta dapat mengatasi stress dengan cara yang positif. Para relawan narasumber nantinya akan menyampaikan materi ini dengan menyertakan diskusi melalui contoh kasus yang terkait.

Selanjutnya, ada materi Guru Abad 21, seperti yang disebutkan sebelumnya, materi yang hanya ada di RuBI Jember ini secara garis besar mencakup beberapa hal. Seperti materi guru karakteristik abad 21, pemahaman terkait perbedaan generasi, pembelajaran abad 21, karakteristik guru abad 21, hingga model pembelajaran untuk abad 21.

Terakhir, Metode Belajar Kreatif, materi ini memiliki sasaran mencetak anak Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Hal-hal tersebut dicapai dengan sikap tahu mengapa, keterampilan untuk tahu bagaimana, serta pengetahuan untuk tahu apa.

Mima Rubi

7 Dibaca

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *