Bupati Adnan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa

Bupati Adnan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa

Gowa (FM) – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan disahkan sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa untuk masa bakti 2019-2024. Keputusan ini disampaikan pada Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu (8/9).

Bupati Adnan menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur diberikan amanah untuk menjadi Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa. Organisasi tersebut telah dicintainya sejak dini, apalagi seluruh proses Kepramukaan mulai siaga, penggalang, penegak hingga pembina telah dilewati. Belum lagi pelatihan nilai-nilai Kepramukaan telah diikuti dengan baik.

“Pengalaman Pramuka yang saya jalani ini berkat bimbingan dan dukungan almarhum kakek saya M Yasin Limpo. Sehingga ketika saya diminta menjadi kwarcab maka saya sangat bahagia, dan senang sekali, organisasi ini sangat saya cintai dan saya mohon doa dan kerjasama,” katanya usai menghadari kegiatan.

Ia menegaskan, memimpin gerakan Pramuka ini sama dengan melanjutkan perjuangan M Yasin Limpo yang merupakan kakek dari bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini. Olehnya, dirinya meminta agar seluruh pihak untuk bekerjasama membangun gerakan Pramuka di Kabupaten Gowa. Seluruh yang memiliki perbedaan persepsi dan pandangan maka pada kesempatan ini mulai dihilangkan.

“Mari kita rapatkan sama-sama, duduk sama-sama dan susun program bersama untuk membangun gerakan Pramuka lebih baik, demi menciptakan sumber daya dan generasi unggul di masa akan datang,” harapnya.

Bupati Adnan yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Gowa ini mengungkapkan, dalam jangka pendek hal-hal yang akan dilakukan yakni membenah struktur organisasi dengan membuat struktur yang kuat dan mengakomodir seluruh pihak. Kedepan harus dihilangkan seluruh perbedaan karena organisasi Pramuka ini harus dibangun untuk menjadi Pramuka yang lebih maju.

“Kita melibatkan seluruh anggota Pramuka, organisasi harus bangkit, bagus dan jalan, sehingga mendapatkan tempat di hati masyrakat,” terangnya.

Sebelumnya, di hari yang sama Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni membuka Muscab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.

Ia mengatakan, peran gerakan Pramuka dewasa ini merupakan mitra atau perpanjangan tangan pemerintah yang berperan dalam membangun dan membina watak serta karakter generasi muda Indonesia.

Hal ini dengan melihat kondisi beberapa generasi muda sekarang ini yang cenderung terpengaruhi dengan hal-hal negatif di lingkungannya. Olehnya sangat dibutuhkan organisasi seperti gerakan Pramuka untuk menjadi wadah dalam membina dan mengerahkan berkembangan para generasi muda.

“Gerakan Pramuka ini memiliki pola pembinaan yang paling paripurna dan berjenjang hingga ke tingkat bawah. Sehingga organisasi ini memiliki kemampuan untuk berada dalam semua lini dan tingkatan usia para anggotanya,” ungkapnya.

Sementara Pembimbing Muscab Gerakan Pramuka Cabang Gowa Abd. Salam mengatakan, pada muscab ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja gerakan Pramuka, menyusun rencana kerja gerakan Pramuka dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pengurus gerakan Pramuka kwartir cabang.

Ia pun berharap, dengan dilakukannya muscab ini, maka dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi perkembangan gerakan Pramuka khususnya, dan masyarakat secara umum. Kemudian melahirkan rencana kerja Kwartir Cabang Gowa masa bakti 2019-2024.

“Begitupun membentuk susunan Kwarcab Gowa untuk masa bakti 2019-2024,” terangnya.

 

Muslimin

 

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *