Sosok Pemimpin Menurut Drs. Yakop

Sosok Pemimpin Menurut Drs. Yakop

SAMARINDA (fajarmetro.com) – Saat fajarmetronews.Com menyambanginya, Drs. Yakop M, Anggota DPRD kota Samarinda yang juga wakil ketua komisi satu membahas tentang sosok ideal seorang pemimpin.

Dia mengatakan salah satu ciri seorang pemimpin adalah tidak hanya meladeni dirinya sendiri.

Pemimpin, kata Yakop , harus menjadi orang yang berani berkorban untuk orang lain demi terwujudnya kebaikan bersama dan berani mengambil risiko dalam menghadapi suatu persoalan dan memberikan solusi yang tepat.

“Pemimpin tidak boleh hanya mau meladeni dirinya sendiri, memikirkan kepentingannya sendiri atau kelompoknya tetapi harus berani berkorban untuk kepentingan bersama atau umum. Dia tidak boleh egois, tetapi harus bisa berbagai, merangkul dan mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan,” ujar Yakop Jumat (23/08/2019).

Yakop mengaku memegang teguh empat nilai selama dirinya menjadi pemimpin khusus menjadi Wakil Rakyat  di Kalimantan Timur.

Pertama, kata dia, nilai agama atau teologis di mana setiap agama pasti mengajarkan tentang kebaikan dan mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan.

“Kedua, nilai kebenaran sosiologis, yakni pemimpin menghadirkan manfaat bagi orang lain. Pemimpin harus menjadi rahmat dan berkat bagi orang lain, bukan menjadi bencana bagi orang lain atau masyarakat,” ungkap dia.

Ketiga,  pemimpin harus memegang kebenaran yuridis atau aturan yang berlaku.

Menurut dia, pemimpin harus tahu dan taat terhadap aturan, tidak bertindak atas kemauan sendiri karena aturan tersebut dibuat untuk menjamin kepastian, ketertiban dan keadilan sehingga dijalankan oleh semua orang terutama pemimpinnya sehingga bisa memberikan contoh bagi yang lain.

“Keempat adalah nilai kebenaran kultural. Pemimpin tidak bisa lepas dari budaya soal sopan santun, kerja sama, dan gotong royong. Sehebat apapun pemimpinnya, dia tidak bisa bekerja sendiri, dia butuhkan banyak orang dan dia butuhkan network yang kuat,” Pungkasnya.

(sal)

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *