Hari Pramuka Tahun 2019 Membangun Semangat Kebersamaan

Hari Pramuka Tahun 2019 Membangun Semangat Kebersamaan

Oleh: Adi Ngadiman,S.Pd.,M.M.

Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019.Pramuka jatuh pada hari ini, Rabu 14 Agustus 2019. Hari Pramuka tahun 2019 ini memang peringatan Hari Pramuka yang ke-58 sejak saat Presiden RI, Ir. Soekarno menyerahkan panji kepramukaan kepada Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961.

Ini kemudian ditandai dengan lahirnya “Nederlandsche Padvinders Organisatie” (NPO) pada tahun 1912 sebagai organisasi kepanduan pertama di Indonesia

Kepanduan (kepramukaan) sendiri dicetuskan pertama kali oleh Robert Boden Powell seorang letnan jendral angkatan bersenjata Britania Raya pada 1907. Dari Inggris kepramukaan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Belanda. Oleh pemerintah Belanda, kepramukaan diperkenalkan di negara-negara jajahannya termasuk.

58 Tahun Pramuka Indonesia. Perkembangan kepramukaan di Indonesia pun melewati sejarah yang panjang. Semenjak pramuka dibawa masuk ke Indonesia lebih dari 100 tahun silam, bangsa Indonesia pun turut mendirikan pramuka. Adalah Mangkunegara VII yang kemudian mendirikan Javaansche Padvinders Organisatie sebagai organisasi kepanduan untuk pribumi. Semenjak itu turut berdiri pula berbagai organisasi kepramukaan di Indonesia semisal Hizbul Wathan (didirikan Muhammadiyah), Nationale Padvinderij (Budi Utomo), Syarikat Islam Afdeling Pandu (SI), Pandu Ansor (NU), Tri Darma (Kristen), Kepanduan Azas Katolik Indonesia (KAKI), Kepanduan Masehi Indonesia (KMI) dll. Hingga setelah kemerdekaan berdiri hingga lebih dari 300-an organisasi kepanduan.

58 tahun silam (1961) timbul semangat untuk menyatukan organisasi kepanduan dalam satu wadah. Melalui perjalanan panjang yang pada 9 Maret 1961 Presiden Soekarno mengumpulkan para tokoh kepanduan untuk membentuk Panitia Persiapan yang diketuai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Hingga pda tanggal 20 Mei 1961 lahirlah Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia.

Kepres No. 238 Tahun 1961 kemudian mendapat dukungan dari berbagai tokoh kepanduan yang berikrar meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka pada tanggal 30 Juli 1961. Setelah itu, tepat pada tanggal 14 Agustus 1961, Presiden RI menganugerahkan panji-panji Kepramukaan yang dilanjutkan dengan defile dan Apel Besar yang diikuti lebih dari 10 ribu Pramuka di Jakarta.

Moment penganugerahan panji kepramukaan dan apel akbar inilah yang kemudian diperingati setiap tahun oleh para pramuka se-Indonesia sebagai Hari Pramuka. Sehingga tepat pada hari ini, 14 Agustus 2019, diperingatilah Hari Pramuka ke-58. (*)

 

11 Kali Dibaca

redaksifm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *